Selamat datang di Pondok Pesantren Daar el-Qolam/

Panca Jangka Pesantren

Kerangka dasar program kerja pesantren terangkum dalam program panca jangka yang senantiasa memberikan arah dan panduan terhadap perkembangan, kemajuan dan kesinambungan eksistensi pesantren. Panca jangka tersebut meliputi bidang-bidang sebagai berikut:

1. Pendidikan dan Pengajaran

Pesantren secara kontinu pada kenyataannya membuka diri terhadap perkembangan pendidikan yang multi dimensi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran. Usaha tersebut dibuktikan dengan pendirian lembaga perguruan tinggi dan peningkatan sumber daya tenaga pengajar.

2. Kaderisasi

Program kaderisasi di pondok pesantren Daar el-Qolam adalah bertujuan untuk menjaga kesinambungan pesantren sebagai lembaga yang eksis, sehingga terjaga dari keterpurukan dan  keruntuhan sistem yang ada dalam pesantren secara menyeluruh. Urgensi pesantren terhadap kaderisasi dijabarkan melalui pemahaman terhadap lembaga itu sendiri dan peningkatan kualitas (life skill) kader.

3. Sarana dan prasarana

Program ini guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran. Kelengkapan sarana dan prasarana pesantren terus dilakukan dengan memperbaiki dan melengkapai serta memelihara sarana yang ada.

4. Khizânatullah (Sumber dana)

Diantara syarat terpenting bagi sebuah lembaga pendidikan untuk dapat tetap bertahan hidup dan berkembang adalah memiliki sumber dana sendiri. Pada perkembangannya Daar el-Qolam sangat memeperhatikan masalah ini dengan sunggug-sungguh. Bermacam-macam bidang usaha terus didirikan sebagai faktor pendukung keberlangsungan pendanaan pesantren, bidang usahanya antara lain; toko pelajar,  kantin pelajar, transportasi, rental alat-alat berat, dan percetakan.

5. Kesejahteraan keluarga pondok

Jangka ini bertujuan untuk memberdayakan kehidupan keluarga-keluarga yang membantu dan bertanggung-jawab terhadap hidup dan matinya pondok secara langsung, sehingga mereka tidak menggantungkan penghidupannya kepada pondok.