Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Daar el-Qolam > Daar el-Qolam 3 > Centre for Foundation Studies (CFS)

Centre for Foundation Studies (CFS)

​Centre for Foundation Studies (CFS) adalah program khusus persiapan untuk menempuh pendidikan tinggi di Management and Science University (MSU) Shah Alam, Malaysia. Durasi program adalah 3 (tiga) semester, dan diselenggarakan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 bekerjasama dengan Management and Science University (MSU). Program CFS ini dapat diikuti oleh seluruh santri Daar el-Qolam.

Manfaat Mengikuti Program

Program CFS didesain secara umum untuk mempersiapkan para santri untuk memiliki wawasan global dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang kuat.

Program CFS didesain secara khusus untuk meningkatkan kualitas akademik dan keterampilan santri dalam mengikuti sistem pendidikan perguruan tinggi bertaraf internasional di MSU dan berkesempatan ikut serta dalam kegiatan Global Mobility Program (GMP) pada 66 universitas di 26 negara yang menjalin kerjasama dengan MSU untuk mendapatkan gelar ganda (double degree) atau kegiatan lain seperti internship (magang).

Keunggulan

Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh program CFS antara lain:

  • Bahasa pengantar yang digunakan dalam proses pengajaran di CFS adalah Bahasa Inggris.
  • Para pendidik di Program CFS dibekali dengan kemampuan Bahasa Inggris, penguasan metodologi pengajaran yang baik dan penguasaan materi ajar bertaraf internasional sesuai dengan standar MSU.
  • Para santri di program CFS dipersiapkan secara akademik dan profesional untuk dasar-dasar kajian/studi yang menjadi pilihan sesuai dengan minat dan bakat sesuai dengan kurikulum internasional yang dikembangkan oleh MSU.
  • Para santri CFS mendapat materi-materi ko-kurikuler berupa programprogram pengembangan karakter dan kepribadian serta kompetensi keterampila (skill competencies), baik yang bersifat interpersonal seperti kepemimpinan dasar (leadership) dan pembiasaan belajar dan membaca (learning and reading habits).
  • Para santri di CFS mendapatkan materi-materi penguatan keterampilan akademis (academic skills) seperti penulisan akademik (academic writing), penguasaan penggunaan komputer dasar (computer literacy), berbicara di depan publik (public speaking) dan teknik penyelesaian masalah (problem solving techniques).
  • Para santri mendapatkan kesempatan untuk mengikuti murid magang (class seat-in) sesuai dengan bidang yang diminati di MSU.
  • Para santri di program CFS mendapatkan penguatan akademik secara maksimal untuk menguasai materi-materi Ujian Nasional (UN) yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
  • Fasilitas pendidikan seperti ruang kelas dan penunjang pengajaran (teaching aids) seperti perangkat audio visual di CFS berstandar internasional.

Struktur

Direktur Eksekutif: Zahid Purna Wibawa, S.T.

Quality Assurance: Ismatu Ropi, Ph.D.

Academic and Curriculum: Drs. M. Wahyuni Nafis, M.A.

Finance, Facilities, and Students: Drs. H. Ubaidillah Asnawi

Human Resource Development and Partnership Development: Aan Rukmana, M.A.

Teacher Appraisal and Observation: H. Ferdinal Lafendry, M.M.

Kepala Center for Foundation Studies (CFS): Rd. Nur Tsawabit Fahiem Yasin, M.T.I.

a. Bagian Kurikulum: Arnata, S.Kom.

b. Sekretaris: Galih Yogi Pratiwi, S.Pd.

c. Keuangan: Ridwan Awaludin, S.Pd.I.

d. Sarana dan Prasarana: M. Shopiudin, S.Pd.I. & Febrian