Mei 12
Menemukan Rumus Volume Kerucut dengan Pendekatan Volume Tabung

Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang memiliki satu alas berbentuk lingkaran dan satu sisi berbentuk bidang lengkung. Bidang lengkung ini dinamakan selimut kerucut. Untuk menentukan volume kerucut, lakukanlah aktivitas berikut.

Aktivitas
Alat dan bahan:
Wadah berbentuk tabung, wadah berbentuk kerucut, beras.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan semua alat dan bahan.
  2. Isilah kerucut dengan beras sampai penuh.
  3. Tuangkan beras tersebut ke dalam wadah berbentuk tabung.
  4. Gunakan kerucut untuk mengisi penuh tabung dengan beras.

 
Dari hasil percobaan di atas, ternyata isi tabung sama dengan 3 kali isi kerucut. Itu berarti bahwa volume tabung sama dengan tiga kali volume kerucut. Sehingga:

Volume tabung = 3 x volume kerucut      atau
Volume kerucut = 1/3 x volume tabung

Contoh aktivitas tersebut dapat dilihat pada link berikut :

https://www.youtube.com/watch?v=-4FQIv2Qdgc



                         

Mei 10
Gerakan Literasi Dorong Siswa dan Guru Berkarya

Sekolah berperan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa dan guru untuk mendongkrak literasi bangsa. Sekolah dapat mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca hingga menulis, Jika perlu, gerakan literasi sekolah tidak sekadar rutinitas. Saatnya mendorong gerakan literasi melahirkan karya otentik dari siswa dan guru.

20170511_113651.jpg

Sekolah sebaiknya tidak hanya menyediakan perpustakaan dengan fasilitas buku-buku yang menarik dan desain ruangan perpustakaan yang ramah dan nyaman, tetapi pembelajaran di sekolah pun dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi siswa.

"Pada abad ke-21 literasi menjadi keniscayaan. Kompetensi literasi yang baik akan menghambat ancaman hoaks. Masyarakat pun jadi tidak gampang terprovokasi berita palsu.

Kegiatan pembelajaran di kelas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa "dipaksa" menulis. Salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI adalah menulis cerpen. "Dari karya siswa ini, dapat kita buat untuk jadi kumpulan cerpen. Hal ini mendorong mereka terus terinspirasi untuk menulis. Selain itu, kemampuan menulis, dibutuhkan siswa untuk memenuhi kewajiban membuat karya tulis  ilmiah di kelas akhir. Siswa dari sekolah ini membuat satu karya tulis ilmiah yang dibimbing guru untuk bisa lulus dan mendapatkan ijazah.

Metode pembelajaran

Dorongan menulis siswa juga karena para guru memberi inspirasi. Guru mengembangkan metode pendidikan yang membuat siswa harus proaktif mencari literatur, tidak hanya di internet, tetapi juga melalui buku-buku bacaan di perpustakaan.

Sumber: http://psma.kemdikbud.go.id/index/

Mei 08
Pemanfaatan Mikroorganisme Berbasis Bioteknologi Konvensional dalam Pembelajaran di Sekolah

A.  Mikroorganisme

Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan. Mikroorganisme disebut juga organisme mikroskopik. Mikroorganisme dapat menjadi bahan pangan ataupun mengubah bahan pangan menjadi bentuk lain. Proses yang dibantu oleh mikroorganisme misalnya melalui fermentasi, seperti keju, yoghurt, dan berbagai makanan lain termasuk kecap dan tempe. Pada masa mendatang diharapkan peranan mikroorganisme dalam penciptaan makanan baru seperti mikroprotein dan protein sel tunggal. Mengenal sifat dan cara hidup mikroorganisme juga akan sangat bermanfaat dalam perbaikan teknologi pembuatan makanan.

B.  Jenis-jenis mikroorganisme yang Dimanfaatkan dalam Meningkatkan  Produk Pangan

No.Bahan PanganMikroorganismeGolonganProduk
1SusuLactobacillus bulgaricus
Streptococcus termophillus
Streptococcus lactis
Panicillium requiforti
Propioni bacterium
Lactobacillus casei
Bakteri
Bakteri
Bakteri
Jamur
Bakteri
Bakteri
Yoghurt
Yoghurt
Mentega
Keju
Keju Swiss
Susu asam
2KedelaiRhizopus oligosporus
Rhizopus stoloniferus
Rhizopus oryzae
Aspergillus oryzae
Jamur
Jamur
Jamur
Jamur
Tempe
Tempe
Tempe
Kecap
3Kacang tanahNeurospora sitophylaJamurOncom
4BerasSaccharomyces cereviseae
Endomycopsis fibulegera
Jamur
Jamur
Tape Ketan
5SingkongSaccharomyces elipsoides
Endomycopsis fibulegera
Jamur
Jamur
Tape singkong
6Air kelapaAcetobacter xylinumBakteriNata de coco
7Tepung gandumSaccharomyces elipsoidesJamurRoti
8KubisEnterobacter sp.BakteriAsinan
9Padi-padian atau umbi-umbianSaccharomyces cereviseae
Saccharomyces caelsbergensis
JamurMinuman beralkohol
10MikroorganismeSpirulina
Chlorella
Alga bersel satuProtein sel tunggal

 

C.  Bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi. Aplikasi teknologi tersebut dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen pada organisme tersebut.

20170506_110804.jpg

D.  Bioteknologi Konvensional/ Tradisional

Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan, seperti tempe, tape, oncom, dan kecap. Mikroorganisme dapat mengubah bahan pangan.

Proses yang dibantu mikroorganisme, misalnya dengan fermentasi, hasilnya antara lain tempe, tape, kecap, dan sebagainya termasuk keju dan yoghurt. Proses tersebut dianggap sebagai bioteknologi masa lalu. Ciri khas yang tampak pada bioteknologi konvensional, yaitu adanya penggunaan makhluk hidup secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim

 

Membuat Roti/Kue Donat

1.   Pada pembuatan roti, biji-bijian serelia dipecah dahulu untuk membuat tepung terigu. Selanjutnya oleh enzim amilase tepung dirubah menjadi glukosa.
2.   Selanjutnya khamir Saccharomyces cerevisiae, yang akan memanfaatkan glukosa sebagai substrat respirasinya sehingga akhirnya membentuk gelembung-gelembung yang akan terperangkap pada adonan roti. Adanya gelembung ini menyebebkan roti bertekstur ringan dan mengembang. Sedangkan jika ditambah protease maka roti yang dihasilkan akan bertekstur lebih halus.

 

Dalam Alqur'an, terdapat ayat yang menjelaskan tentang jasad renik/mikroorganisme yang ada di sekitar kita. Allah menciptakan jasad-jasad renik di dunia ini sesuai dengan fungsinya masing-masing. Meskipun makhluk yang sangat kecil, tetapi mikroorganisme memilki peranan penting bagi manusia terutama untuk meningkatkan produk pangan. Sebagaimana dengan firman Allah dalam :

  • Al-Furqon (25) : ayat 2

الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُن لَّهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا [٢٥:٢]

Artinya: Yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak  mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagiNya dalam kekuasaan(Nya), dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.

(Maksud dari ayat tersebut ialah: Segala sesuatu yang dijadikan Tuhan diberi-Nya perlengkapan-perlengkapan dan persiapan-persiapan, sesuai dengan naluri, sifat-sifat dan fungsinya masing-masing dalam hidup).

  • Al-Maaidah (5) : ayat 87

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ [٥:٨٧]

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

(Maksud dari ayat tersebut ialah : makanlah yang halal dan jangan sampai melampui batas, jika sampai melampui batas kita akan mengalami kerugian bagi tubuh kita sendiri).



Mei 06
Siswanya Berprestasi.. Gurunya juga Berprestasi…

Alhamdulillah.. dengan mengucap syukur kepada Allah SWT.. dari hasil pengumuman seleksi OSN 2017 tingkat kabupaten Tangerang , 3 Orang siswa SMA Daar el Qolam  lolos seleksi.  Mereka akan mewakili Kabupaten Tangerang untuk  mengikuti seleksi OSN Ticngkat Propinsi Banten. Siswa tersebut yaitu :

1.     Ahmad Husein Sadali            Bidang Astronomi

2.     Muhammad Yusriza latief      Bidang Kebumian

3.     Anjar Hanif Fadhila                Bidang Biologi

 IMG-20170505-WA0002.jpg

Selain itu para guru juga tidak kalah dalam berprestasi. Dua orang guru (kepala sekolah) mewakili Kabupaten Tangerang dalam pemilihan PTK SMA Berprestasi di Propinsi Banten. Beliau adalah :

1.   Ustadz H. Muhidin M.Pd.  (Kepala SMA 2 Daar el Qolam)

2.   Ustadz Aam Amarullah M.Pd. (Kepala SMA 1 Daar el Qolam)

Selamat.. Terus berjuang dan Berprestasi..

Mei 01
APLIKASI GERAK LURUS BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

A.    Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus Beraturan didefiniskan sebagai benda yang bergerak dengan kecepatan tetap atau konstan dalam lintasan lurus. Ketika benda tersebut menempuh jarak yang sama akan memerlukan waktu yang sama pula

Aplikasi GLB dalam Kehidupan Sehari-hari:

1.      Laju Kereta Api pada Rel dengan Kecepatan Tetap

Jadwal keberangkatan Kereta dapat ditentukan di setiap stasiun karena jarak tempuh yang dilewati sama dengan kecepatan yang sama maka waktu tempuh dari setiap stasiun dapat ditentukan. Begitupun pada pesawat terbang

2.      Pesawat melaju dengan kecepatan tetap pada lintasan

B.     Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) merupakan gerak benda pada lintasan yang lurus dengan perubahan kecepatan yang tetap pada selang waktu yang tetap sehingga benda mengalami percepatan tetap. Perubahan kecepatan benda pada GLBB berupa  pertambahan atau pengurangan kecepatan, biasa disebut dengan GLBB dipercepat atau GLBB diperlambat.

Aplikasi GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

1.      Air Terjun

Air terjun merupakan contoh GLBB dipercepat. Ketika air turun ke bawah maka kecepatan air bertambah dengan perubahan kecepatan yang konstan.

2.      Mobil yang mengerem mendadak

Pengereman pada mobil merupakan contoh dari GLBB diperlambat. Ketika di mobil sedang melaju, tiba-tiba direm maka akan terjadi pengurangan dengan perubahan kecepatan yang konstan


Sumber : http://www.areabaca.com/2015/03/aplikasi-glb-dan-glbb-dalam-kehidupan.html

http://cyber-fnet.blogspot.co.id/2014/11/contoh-glb-glbb-dipercepat-glbb.html


1 - 5Next