Sep 19
Belajar Perkembangbiakan Tumbuhan (Vegetatif;Mencangkok)

Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi. Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkankambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar    telah tumbuh. 

 

Cara perkembang biakan dengan mencangkok adalah sangat istimewa terutama untuk buah-buahan. Karena rasa dan bentuk buah yang dihasilkan biasanya akan sama persis dengan induknya. Berbeda jika perkembang biakan di lakukan dengan menanam biji, terkadang tanaman yang dihasilkan tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya.

 

Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Akan tetapi, tumbuhan hasil cangkokan mudah roboh, karena sistem perakarannya adalah serabut, oleh karena itu berhati-hatilah ketika menanamnya dan umurnya lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji. Pada saat mencangkok, kambium pada cabang atau ranting harus dihilangkan agar kulit tidak terbentuk kembali. Bila kulit terbentuk kembali, maka akar tidak akan dapat terbentuk. Sebaliknya, jika lapisan cambium tersebut bersih, maka hasil fotosintesis akan terkumpul di tempat cambium yang telah dibersihkan dan pertumbuhan akar dapat terangsang dengan baik.

Agu 23
Patah Tumbuh Hilang Berganti "kegiatan bagian agrikultur dan exact santri Daar el Qolam 2

​Setelah kegiatan pergantian pengurus ISMI selesai dilaksanakan, masing-masing bagian mulai melaksanakan berbagai kegiatan dari program kerja pengurus yang telah di susun. Salah satunya bagian agrikultur dan exact. Bagian ini melakukan pembukaan kegiatan bagi santri dengan menanam dan memindahmediakan tanaman pepaya California yang di semai sebelumnya


Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan kepada para anggota (santri) tentang manfaat menanam tanaman di lingkungan sekitar bagi kehidupan manusia.

Apr 07
Daar el-Qolam Festival Of Science
DAFOS (Daar el-Qolam Festival Of Science)

Ilmu adalah salah satu bagian penting dalam hidup. Seseorang tanpa ilmu maka seakan ‘ia tak bertapak di bumi’. "من أراد الدني فعليه بالعلم ومن أراد الاخرة فعليه بالعلم ومن أرادهما فعليه بالعلم"
Yang berarti “Barang siapa yang menghendaki dunia maka dengannya ilmu, barang siapa yang menghendaki akhirat maka dengannya ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka dengannya ilmu”
Perkataan di atas adalah dalil bahwa manusia diwajibkan menuntut ilmu, mau itu ilmu dunia ataupun ilmu akhirat. Kapan pun dimana pun ilmu adalah suatu hal yang tidak akan lepas dari segala aspek. Bagaimana bisa seseorang bisa bertahan hidup tanpa adanya ilmu yang membimbingnya dalam kehidupan yang kejam. Barang siapa yang tidak bisa bersaing maka ia akan tersingkirkan dan persaingan akan selalu ada dengan landasan ilmu pengetahuan.
Daar el-Qolam Festival Of Science adalah sebuah acara yang di dalamnya terdapat perlombaan untuk mengasah keilmuan santri Daar el-Qolam. Diadakan dari tanggal 1 sampai 5 April, DAFOS memiliki mata lomba seperti First Rank, Cerdas Cermat, scientist of the years, dan lain sebagainya.
IMG-20180408-WA0007.jpg
Dengan diadakannya acara yang bertujuan untuk mengembangkan soft skill santri dan tentu memberikan wadah pengalaman yang berharga untuk peserta di setiap lombanya.
Ada persaingan pasti ada pemenang. Mereka adalah :
Teka-teki silang   : 13 Generation
First Rank           : Nawal Zahira Ulwany
Logo           : Irfan Khotibul Umam
My Favorite Scientist  : M. Sultan Dhiya Ulhaq
Scientist Of the Years : Haidar Nahda dan Leily Mukarramah
Bukan hanya untuk Program Excellent Class, DAFOS juga mengadakan External dalam pengadaan acaranya. Ini adalah perlombaan antar Daar el-Qolam bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi, bukan untuk menunjukan siapa yang lebih hebat diantara satu pihak dengan pihak yang lain. Dimulai pada tanggal 4 Maret di perpustakaan, dan berakhir pada tanggal 6 Maret.
Walau acara ini hanya sebagai pengikat tali silaturahmi pasti nya juga ada pemenang dalam acara ini, mereka adalah
Luthfi Hakim dan M.Zahran A sebagai pemenang lomba IPA terpadu
Hanifah Osama dan cahyaningtyas sebagai pemenang Biologi
Wafiq Azizah dan Salwan Salsabila sebagai pemenang Kimia
Salman Al-farisi dan Nadila Heptasari sebagai pemengan Matematika SMA
Bima Rizki dan Annisya Eka Chandra sebagai pemenang Fisika
Salla Fikriyatul dan Syifa Amalia sebagai pemenang Matematika SMP
Dengan di adakannya acara ini agar seluruh santri dapat bisa menyalurkan kreativitas mereka dalam Sains, karena seluruh persaingan akan dimenangkan dengan kreativitas yang tinggi.



Apr 03
Selamat dan Terus Berprestasi : Pencak Silat SMA Pondok Pesantren Daar el Qolam

​Alhamdulillah.. Prestasi kembali diperoleh siswa SMA Pondok Pesantren Daar el Qolam dalam ajang O2SN tingkat Kabupaten Tangerang dalam bidang lomba Pencak Silat Perorangan Putra. Dalam gelaran acara ini, memperoleh juara 2 atas nama Muhammad Azmi Mukhtar siswa kelas XI IPA A.IMG-20180402-WA0013.jpg

Ini adalah kali kedua memperoleh juara ke 2 di ajang yang sama. Semoga di tahun yang akan datang dapat memeperoleh prestasi yang lebih baik lagi.. 

Mar 25
Kegiatan Bagian Agrikultur : Bertanam, Bertani, Beternak.. Bisa.....

Kegiatan ekstrakurikuler siswa di Pondok Pesantren Daar el Qolam 2 yang mewadahi siswa dalam bidang kegiatan pertanaman, pertanian maupun peternakan. Bagian ini mengajak anggotanya untuk belajar bersama dalam mengembangkan minat dalam hal tanaman dan pertanian, sekaligus di dalamnya juga mengembangkan kemampuan akademis yang diperoleh di kegiatan pembelajaran di kelas .

Pengolahan lahan
Menanam bibit tanaman
20180324_165448.jpg
Memperbanyak Tanaman Hias
Menindahkan Tanaman Ke Pollybag
Membuat Kolam Lele
Harapan yang ingin di capai dari ekskul bidang agrikultur, selain mengembangkan minat, anggota juga mempunyai bekal lifeskill yang nantinya dapat bermanfaat setelah para santri lulus dari Pondok Pesantren.


1 - 5Next